Pencapaian kinerja sebuah perusahaan umumnya hanya dapat dirasakan oleh internal perusahaan, dan belum tentu eksternal perusahaan dapat merasakan prestasi tersebut. Untuk itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk melibatkan stakeholders secara tidak langsung guna mengevaluasi kinerja perusahaan. Salah satunya adalah melalui keikutsertaan perusahaan dalam ajang-ajang penghargaan seperti anuual report award (ARA) dan lain sebagainya.
Pada dasarnya, penghargaan (award) dapat dianggap sebagai puncak dari pencapaian prestasi dari kinerja perusahaan, sekaligus bentuk pengakuan eksternal secara terukur. Pasalnya, pengakuan eksternal terhadap kinerja perusahaan baik secara finansial maupun operasional dapat menimbulkan corporate image yang positif dimata publik atau stakeholders.
Banyak yang beranggapan bahwa membangun corporate image dan memperkecil risiko reputasi bagi hampir sebagian besar perusahaan merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Bahkan untuk pekerjaan yang satu ini, terkadang perusahaan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Menurut buku 22 Kiat Penulisan Laporan Tahunan Berdasarkan Tuntunan GCG dan Kriteria ARA, mengungkapkan penghargaan atau prestasi pengakuan eksternal yang telah diterima dalam laporan tahunan dianggap sangat penting dan cukup efektif. Apalagi saat ini, laporan tahunan sudah menjadi salah satu media komunikasi bagi perusahaan untuk memberikan segala macam informasi kinerja perusahaan kepada pemegang saham dan publik.
Dalam mengungkapan informasi tentang penghargaan yang diterima, sebaiknya diuraikan pada periode berjalan, terutama bagi perusahaan yang mendapatkan dalam jumlah banyak. Sedangkan bagi perusahaan yang sedikit memiliki penghargaan, sekurang-kurangnya dicantumkan penghargaan yang pernah diraih dalam periode tiga tahun berturut-turut.
Informasi yang perlu diungkap terkait dengan penghargaan sebagaimana dalam kriteria ARA, adalah penghargaan yang diterima dalam tahun buku terakhir dan atau sertifikasi yang masih berlaku dalam tahun buku terakhir, baik yang berskala nasional maupun internasional. Juga harus dijelaskan, perihal nama penghargaan dan atau sertifikasi, tahun perolehan, serta badan pemberi penghargaan.
Jadi, pengungkapan tentang sebuah penghargaan yang diraih oleh perusahaan dalam laporan tahunan menjadi sangat penting. Karena laporan tahunan yang sudah menjadi salah satu media informasi, dapat menimbulkan corporate image yang cukup positif di mata pemegang saham atau publik, dengan segala macam prestasi yang diraih dari hasil kinerja perusahaan. (DD)